FORM (Formulir )
Salah
satu ciri situs yang interaktif adalah adanya form didalam halaman web, form tersebut
bisa berintegrasi dengan pengunjung situs. Form (Formulir) adalah sebuah fondasi yang elemen interaktif yang mencangkup seperti
bidang teks, kotak cek, tombol radio, dan
tombol Submit. Ketika merancang
situs web dan faktor kegunaan informasi harus akurat dan jelas sehingga
pengunjung tidak memiliki keraguan ketika pengunjung ingin masuk kedalam format
formulir yang disediakan.
A.
Prinsip Desain
Form
Pengunjung membenci pengisian formulir yang
rumit dan mereka ingin menyelesaikan dengan waktu yang singkat. Semua ini berkaitan dengan prinsip form.
1.
Mengurangi
upaya fisik
Maksudnya adalah
menghindari pengunjung banyak menggunakan “keybord” tapi harus meminimalkan
mengunakan klik, penekanan tombol, gerakan mouse.
2.
Mengurangi
Upaya kognitif
Form harus sedarhana dan mudah dimengerti, memilih halam visual yang
tidak membingungkan.
3.
Hindari
informasi yang dianggap tidak perlu
Pengunjung tidak suka dengan pernyataan-pernyataan yang tidak relevan
untuk kebutuhan mereka sendiri (exs: minat, hobi, dan lain sebaginya)
B.
Kontrol Masuk
Dalam
formulir ada dua katagori umum kontrol yang menangkap masuknya pengunjung :
1.
Kontrol predefined
seperti tombol radio, checkbox, dan daftar kotak
2.
Kontrol teks yang
memungkinkan pengunjung masuk bebas
Ø Kontrol Predefined
Meminimalkan pengunjung dan memastikan akurasi karena ada sejumlah pilihan,
semua dijamin akan berlaku. Misalnya, kesalahan
ketik dan kesalahan ejaan dieliminasi pada nama-nama negara jika kita memberikan daftar drop-down pilihan (semua
mungkin dieja dengan benar). biasanya menggunakan kontrol
pilihan yang telah ditetapkan jadi
pengunjung harus memilih.
Ø Tombol Radio
Tombol radio (atau pilihan tombol dalam Microsoft terminologi) yang
digunakan dalam situasi satu pilihan yang diperbolehkan, ("Pilih salah
satu opsi berikut.") gambar dibawah ini menunjukkan sekelompok tombol
radio untuk memilih satu tahun di sekolah. Tombol radio adalah lingkaran,
sedangkan kotak centang HTML adalah persegi.
Ø Heckbox
Checkbox
mirip dengan tombol radio, tapi mereka digunakan ketika pilihan tidak saling
eksklusif. Artinya, pengunjung dapat memilih beberapa item dari dalam grup kotak
centang ("Pilih semua yang berlaku "). Gambar dibawah ini menunjukkan
sekelompok kotak centang setelah pengguna membuat satu pilihan. Perhatikan
bahwa kotak centang yang Anda harapkan, sebuah kotak persegi.
a.
Daftar Kotak
Ketika begitu banyak
pilihan tombol radio, kotak konteng yang mengambil ruang layar, tapi kita bisa
menerapkan daftar kotak yang biasanya digunakan untuk memilih Negara, tanggal,
serta menu berikutnya.
b.
Daftar Kotak Drop-down
Jika Anda menetapkan ukuran = "1", hanya satu pilihan
tampilan awal dalam daftar kotak, dan sisanya dari daftar turun ke bawah ketika
pengunjung mengklik pada tanda panah gulir,
c.
Daftar Kotak memilih Kelipatan
Jika atribut multiple termasuk dalam tag <select>, apakah
drop-down atau bergulir, pengunjung dapat memilih beberapa elemen dari daftar,
d.
Pengelompokan
Daftar Kotak dibawah Header
Item <option>
individu dalam <select>
dapat dikelompokkan di bawah header, khusus menggunakan
wadah <optgroup>.
1.
Tanda baca dan format
Kontrol masuk Teks
Jika di dalam tempat memiliki tanda baca, seperti tanda hubung, garis
miring, atau ruang, setidaknya memberikan contoh format yang kita harapkan.
2.
Menyembunyikan Data Masuk
pada Layar
Maksudnya adalah agar orang lain tidak bisa melihat tampilan data yang
sebenarnya. Sebagai contoh, "password" biasanya tidak menampilkan karakter
atau kata pada layar dimana orang lain bisa melihat, namun menampilkan tanda
bintang atau titik ketika pengguna memasukan password.
C.
Formulir
Penyelesaian
memfalidasi
data secara lokal biasanya menggunakan JavaScript, untuk memastikan data yang
kita kirim jelas dan valid. setelah data tersebut divalidasi kita mengirimkan
ke server web.
1. Formulir
Validasi
Meskipun
buku ini tidak begitu menjelaskan tentang bagaimana menggunakan JavaScript
untuk validasi, tapi membahas jenis validasi yang harus dilakukan. Validasi
pada klien umumnya terbatas pada kelengkapan dan format. Sebagai contoh, kita
memvalidasi nomor pelanggan untuk memastikan tidak kosong jumlah angka dan
biaya tertentu. dalam dokumen HTML pastikan bahwa nomor pelanggan cocok dengan
jumlah pelanggan yang sudah ada dalam data base, validasi tersebut akan
memerlukan permintaan server ke data base pelanggan.
2.
Tombol Kirim
Tombol submit, tentu saja, menyerahkan formulir dan semua datanya
menggunakan aksi dan metode yang ditentukan dalam tag <form>. Tombol
dapat berupa standar, browser dihasilkan tombol Submit, atau tombol kustom
dibuat dalam program editing gambar.
3. Tombol
Reset
tombol
Reset fungsinya mengembalikan ke awal halaman. Seperti tombol Kirim, tombol
ulang disediakan browser. menggunakan kode seperti ini:
D.
Struktur
Transaksi
Salah satu fungsi Struktur transaksi adalah untuk mengidentivikasi
informasi dan kemudian membagi konten ke halaman individu. kita harus menetukan
bagaimana struktur transaksi di setiap halaman. contoh, jika kita memiliki
interaksi dari pengunjung yang membutuhkan banyak informasi-informasi.
1.
Wizards
Wizard adalah interaksi yang memuat satu halaman langkah demi langkah
dalam urutan yang ditetapkan. Misalnya, satu halaman wizards menempatkan item
yang akan dijual sesuai dengan pesanan sedangkan halaman lain untuk memasukkan
informasi pengiriman, dan halaman lain untuk memasukkan informasi pembayaran.
2.
Control Panel
Kita bisa menempatkan seluruh interaksi pada halaman tunggal, Gambar
5.2 menyajikan bagian kontrol panel untuk mengkonfigurasi komputer kustom, pengunjung
dengan kontrol panel bisa dengan mudah dan cepat menyelesaikan tugas mereka.
E.
Memasukan
Formulir Page Layout
Kita perlu merancang layout untuk setiap halaman. Bab 4 telah
menjelaskan bagaimana pedoman untuk tata letak halaman termasuk karakteristik
garis, warna, grid, dan ruang putih untuk membuat halaman. Namun demikian, kita
perlu mempelajari cara memasukan halaman tambahan.
- Mengontrol Fokus kursor dan Ketertiban Tab
Sebuah kontrol dikatakan memiliki bentuk fokus jika kursor berada di
atasnya, dalam sumber kode HTML. Misalnya, gambar 6.1 bagaimana tombol tab akan
secara default, melintasi bentuk kontrol kiri ke kanan kemudian atas ke bawah.
Tapi supaya pengunjung bisa lebih mudah memahami sebaiknya kolom vertikal kiri
sebelum pergi ke atas kanan,
- Kontrol Masukan dengan pesan
kita harus memberikan kontrol masuk pengunjung dalam urutan yang diharapkan.
F.
Dukungan
Pengunjung
Pada dasarnya perancang sistem komputer berusaha membuat instruksi
yang luas tapi terpisah dalam Bantuan dokumen untuk menyelamatkan pengguna yang
bingung dengan kesalahan dengan kondisi komputer mereka yang terkadang sering
error. Agar pengunjung tidak kesulitan dalam menyelesaikan tugas atau yang
ingin dicari, berikut ini beberapa pendukung antara lain :
1.
Instruksi
Instruksi sederhana yaitu tentang petunjuk format data masuk, seperti menunjukkan "MM / DD / YYYY" berdekatan dengan data tanggal
Instruksi sederhana yaitu tentang petunjuk format data masuk, seperti menunjukkan "MM / DD / YYYY" berdekatan dengan data tanggal
2.
Bantuan Dokumen
Sistem Bantuan
bisa sederhana terintegrasi untuk beberapa tugas situs, banyaknya kata terpisah
yang terdiri dari puluhan, bahkan ratusan, dari halaman. Bantuan dapat berbentuk
tindakan, seperti tutorial langkah demi langkah melakukan tugas-tugas tertentu.
3.
Feedback
umpan balik yang memberitahu bahwa Pengunjung berada di jalur yang benar atau salah. Misalnya, jika pengunjung memasukkan informasi pengiriman pada satu halaman dan informasi kartu kredit pada halaman berikutnya, situs harus menampilkan kembali semua pesan informasi pada halaman konfirmasi sebelum mengirimkan, supaya pengunjung yakin bahwa sistem menerima data mereka untuk masuk. jika kesalahan muncul, umpan balik dapat memberitahukan pengunjung secepatnya, supaya kesalahan bisa diperbaiki.
umpan balik yang memberitahu bahwa Pengunjung berada di jalur yang benar atau salah. Misalnya, jika pengunjung memasukkan informasi pengiriman pada satu halaman dan informasi kartu kredit pada halaman berikutnya, situs harus menampilkan kembali semua pesan informasi pada halaman konfirmasi sebelum mengirimkan, supaya pengunjung yakin bahwa sistem menerima data mereka untuk masuk. jika kesalahan muncul, umpan balik dapat memberitahukan pengunjung secepatnya, supaya kesalahan bisa diperbaiki.
4.
Penanganan Kesalahan
Kita harus merancang situs untuk mengatasi ketika terjadi kesalahan,
desain kontingensi disebut pro-cess, atau "ketika hal-hal buruk/kesalahan
terjadi pada orang atau pengunjung."
Pesan kesalahan harus:
a.
Jadilah membantu
memperbaiki kesalahannya dan memberi tahu apa yang harus dilakukan pengunjung
untuk memperbaiki masalah.
b.
Jadilah jelas dan benar
dalam bahasa non-teknis diakui oleh para pengunjung. "Silakan gunakan
huruf abjad, angka, dan garis bawah" supaya pengunjung bisa dengan mudah
memahaminya.
c.
Jadilah singkat.
d.
Bersikaplah sopan,
bijaksana, tidak menuduh, dan minta maaf. Pesan kesalahan tidak pernah
menyalahkan pengguna, bahkan harus Sebaliknya, situs harus memikul kesalahan.
e.
hindari menjadi lucu,
imut, atau menjengkelkan. Seorang pengunjung pada titik kritis jarang suka
humor.
f.
Menonjolkan halaman dengan bidang atau item
kesalahan yang disorot. Metode Khas menyoroti termasuk kode warna, tanda
bintang berwarna, atau ikon error, seperti tanda seru pada segitiga kuning yang
digunakan oleh aplikasi Windows. gambar 7.2 menunjukkan bentuk dengan kesalahan
ditunjukkan dengan tanda bintang merah.
G. Formulir Kontrol Desain Visual
Suatu
bentuk yang dirancang dengan baik sangat bermanfaat secara visual menarik
dengan desain situs secara keseluruhan. Semua pedoman desain yang kita telah
melihat di bab sebelumnya tata letak, warna, grafis, dan tipografi berlaku
untuk bentuk-bentuk seperti yang mereka lakukan untuk setiap elemen lain di
situs tersebut.
Ada banyak CSS properti yang dapat dimanipulasi untuk mengkoordinasikan formulir dengan sisa situs, gambar 8.1 menunjukkan bentuk yang menampilkan contoh-contoh baik unstyled dan gaya dari bentuk kontrol. HTML untuk formulir ini ditampilkan di sidebar, memeriksa dengan hati-hati sehingga Anda memahami persis bagaimana format diterapkan.
Ada banyak CSS properti yang dapat dimanipulasi untuk mengkoordinasikan formulir dengan sisa situs, gambar 8.1 menunjukkan bentuk yang menampilkan contoh-contoh baik unstyled dan gaya dari bentuk kontrol. HTML untuk formulir ini ditampilkan di sidebar, memeriksa dengan hati-hati sehingga Anda memahami persis bagaimana format diterapkan.
H.
Formulir
Aksesibilitas Masuk
Pembahasan Ini di luar buku untuk menggali ke dalam politik,
kebijakan, dan dapat diakses sepenuhnya di situs Anda, tetapi bab tentang
bentuk desain tidak akan lengkap tanpa termasuk informasi tentang
aksesibilitas.
Ø pedoman untuk membuat akses masuk:
1. Setiap kali membuka halaman di sebelah kiri elemen masuk sehingga
pembaca layar membaca label terlebih dahulu, dan kemudian masukan ke halaman
yang dibutuhkan.
2. Jika label harus ditempatkan di tempat lain selain di sebelah kiri
elemen, unsur lain datang antara label dan bentuk elemen,
3. Jangan mengisi kontrol dengan teks instruksional, karena teks akan mengganggu
akses pengunjung untuk menghapus instruksi sebelum melanjutkan. Gunakan label
yang tepat dan petunjuk formulir sebagai gantinya.
4. Hindari menggunakan kotak daftar yang menggunakan beberapa atribut,
kotak centang adalah pilihan yang lebih mudah diakses.
5. Jangan mengatur nilai default untuk kotak centang tunggal ya / tidak
untuk "ya."
I.
Ringkasan
Perlu diingat bahwa pengunjung ingin mendapatkan tugas dengan secepat
dan mudah, Perencanaan desain yang tepat
memaksimalkan efisiensi tugas sehingga pengunjung nyaman dengan apa yang
disajikan dalam halaman web kita.
Untuk
formulir kita harus membuat format pengisian yang mudah di pahami oleh
pengunjung, jika format pengisiannya sulit kita harus menampilakan contoh cara
penggisian supaya pengunjung tidak salah dalam memahami dan mengisi yang seharusnya
dimasukan dalam format tersebut.
Dalam beberapa halaman sebelum pengunjung mengirimkan pesan masuk tapi
terjadi kesalahan maka dengan otomatis peringatan kesalahan tampil dan
menunjukan dengan tanda (bintang, warna, dll) bagian yang salah dan harus diisi
ulang sehingga pengunjung tau dimana letak kesalahan tersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
Penny
Mclntire. 2008. Visual Desain For Modern Web. USA: New Rider